Rabu, 16 Januari 2013

silabus

SILABUS PEMBELAJRAN


Nama Sekolah             : mts yasemi 2 karangrayung
Mata pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                           : IX (Sembilan)
Semester                     : 2 ( dua )
Standar KompetenSI : 4. Menampilkan  prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pencapaian
Penilaian
ALOKASI
 WAKTU
SUMBER
BELAJAR
Teknik
Penilaian
Bentuk Instrumen
CONTOH INSTRUMEN
4.1     Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa

·   Pengertian Prestasi Diri dan keunggulan bangsa

·   Arti Penting Prestasi Diri bagi Keunggulan bangsa Indonesia

Mengkaji berbagai tulisan atau pemberitaan yang berkaitan dengan prestasi diri bagi keunggulan bangsa


·         Menjelaskan Pengertian Prestasi Diri

·         Menjelaskan Arti Penting Prestasi Diri bagi Keunggulan bangsa Indonesia

Tes Tertulis

Tes Tertulis

Tes tertulis
Uraian


Uraian


Uraian
Jelaskan pengertian prestasi diri !

Jelaskan pengertian keunggulan bangsa

Jelaskan arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa !

2 x 40’

Buku Teks PKn Kelas IX

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Ketulusan ( Honesty )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )





4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan
·   Pengertian potensi diri

·   Kelebihan dan kelemahan diri

·   Perwujudan potensi diri dalam berprestasi

·   Melakukan berbagai kegiatan di tingkat lokal, nasional, dan internasional sebagai upaya mewujudkan keunggulan bangsa
Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan melalui diskusi

·   Menjelaskan Pengertian potensi diri

·   Menganalisis Kelebihan dan kelemahan diri

·   Memberi contoh Perwujudan potensi diri dalam berprestasi diri

·   Melakukan berbagai kegiatan di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk mewujudkan keunggulan bangsa
Tes Tertulis

Tes Lisan




Tes Lisan



Penugasan

Uraian


Daftar pertanyaan



Daftar Pertanyaan


Proyek

Jelaskan pengertian potensi diri !

Tuliskan mengenai kelebihan dan kelemahan diri kalian masing-masing !

Berilah contoh perwujudan potensi diri

Buatlah rancangan kegiatan lomba karya tulis yang dilaksanakan di sekolahmu, dan laporkan hasilnya kepada gurumu
4 X 40

·   Buku Teks PKn Kelas IX
·   Media cetak dan elektronik, tokoh masyarakat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )





4.3  Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa
Sikap positif yang diperlukan dalam prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa

Sikap negatif yang harus dihilangkan dalam berprestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa

Bentuk peran serta prestasi diri dalam berbagai aktivitas demi keunggulan bangsa

Memberikan tanggapan terhadap berbagai prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa

Mengumpulkan data aktivitas diri yang menunjukkan prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa

·   Menentukan sikap positif yang diperlukan dalam prestasi diri
·   Menentukan sikap negatif yang harus dihilangkan dalam berprestasi diri

·   Menampilkan  peran serta dalam berbagai aktivitas untuk berprestasi demi keunggulan bangsa
Penilaian diri

Penilaian Diri











Portofolio


Lembar penilaian diri
Quisener












Lembar penilaian portofolio

Rubrik penilaian diri
(terlampir)

Skala sikap terlampir











Tuliskan prestasi diri yang kalian peroleh selama belajar di SMP !
( Jika perlu lampirkan buktinya )

6X 40
·   Buku Teks PKn Kelas IX
·   Media cetak dan elektronik, tokoh   masyarakat
·   Gambar tokoh – tokoh yang berprestasi
v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )




·    



                                                                                                                                                            .........., .........................
Mengetahui,                                                                                                   Guru mata pelajaran
Kepala ...................                                                                                                                      



............................................                                                                                                                        ..................................................
NIP/NIK                                                                                                        NIP/NIK


Contoh lampiran intrumen penilaian

         Kompentensi dasar
        1.3 Menerapkan norma-norma  kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

        PENILAIAN SIKAP
Berilah penilaian dari pernyataan di bawah ini sesuai rubrik berikut :
No
Sikap
Nilai pernyataan
positif( benar )
Nilai Pernyataan
 Negarif ( Salah )
1.
Sangat setuju
5
1
2
Setuju
4
2
3
Netral
3
3
4
Tidak setuju
2
4
5
Sangat tidak setuju
1
5



No
Pernyataan Sikap
Nilai
Keterangan
1
Setiap orang di manapun harus memenuhi norma yang berlaku

85-100 Baik
            sekali
75-84  Baik
65-74 Cukup
2
Adat istiadat di suatu daerah akan menghambat pembangunan

3
Norma Agama merupakan norma yang paling penting dalam kehidupan

4
Setiap warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan

5
Norma kesopanan sangat bertentangan dengan era globalisasi

6
Manusia memerlukan norma jika sebagai makhluk sosial

7
Jika kita memenuhi norma-norma yang ada akan mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat

8
Aturan hukum harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi

9
Jika melihat korman tabrak lari, sebaiknya kita menghindidar agar tidak diminta menjadi saksi

10
Pelanggaran norma bisa dilakukan jika dalam keadaan terpaksa


Jumlah nilai

Jumlah Skor Nilai maksimal
50
Nilai  =  Jumlah nilai  : 50  X 100 =



        PENILAIAN PERILAKU

Berilah penilaian dari pernyataan di bawah ini sesuai rubrik berikut :
No
Perilaku
Nilai pernyataan
positif ( Benar )
Nilai pernyataan
negarif ( Salah )
1.
Selalu
5
1
2
Sering
4
2
3
Kadang-kadang
3
3
4
Jarang
2
4
5
Tidak pernah
1
5

No
Pernyataan Perilaku
Nilai
Keterangan
1
Mematuhi peraturan yang berlaku

85-100 Baik
            sekali
75-84  Baik
65-74 Cukup
2
Belajar dengan rajin

3
Mengikuti upacarra dengan khidmat

4
Datang dan pulang sekolah tepat waktu

5
Tertib dalam proses pembelajaran

6
Menghormati hak-hak orang lain

7
Membuang sampah pada tempatnya

8
Menghormati Guru

9
Beribadah tepat waktu

10
Mengerjakan tugas piket


Jumlah nilai

Jumlah Skor Nilai maksimal
50
Nilai  =  Jumlah nilai  : 50  X 100 =





Tidak ada komentar:

Posting Komentar