SILABUS PEMBELAJRAN
Nama Sekolah :
mts yasemi 2 karangrayung
Mata pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas :
IX (Sembilan)
Semester :
2 ( dua )
Standar KompetenSI : 4. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
4.1
Menjelaskan
pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa
|
·
Pengertian
Prestasi Diri dan keunggulan bangsa
·
Arti Penting
Prestasi Diri bagi Keunggulan bangsa Indonesia
|
Mengkaji berbagai
tulisan atau pemberitaan yang berkaitan dengan prestasi diri bagi keunggulan
bangsa
|
·
Menjelaskan
Pengertian Prestasi Diri
·
Menjelaskan Arti
Penting Prestasi Diri bagi Keunggulan bangsa Indonesia
|
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
Jelaskan pengertian
prestasi diri !
Jelaskan pengertian
keunggulan bangsa
Jelaskan arti penting
prestasi diri bagi keunggulan bangsa !
|
2 x 40’
|
Buku Teks PKn Kelas IX
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Ketulusan ( Honesty )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
|
|
|
|
|
|
|||
4.2
Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan
|
·
Pengertian
potensi diri
·
Kelebihan dan
kelemahan diri
· Perwujudan
potensi diri dalam berprestasi
·
Melakukan
berbagai kegiatan di tingkat lokal, nasional, dan internasional sebagai upaya
mewujudkan keunggulan bangsa
|
Mengenal potensi diri
untuk berprestasi sesuai kemampuan melalui diskusi
|
·
Menjelaskan
Pengertian potensi diri
·
Menganalisis
Kelebihan dan kelemahan diri
· Memberi contoh
Perwujudan potensi diri dalam berprestasi diri
·
Melakukan
berbagai kegiatan di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk
mewujudkan keunggulan bangsa
|
Tes Tertulis
Tes Lisan
Tes Lisan
Penugasan
|
Uraian
Daftar pertanyaan
Daftar Pertanyaan
Proyek
|
Jelaskan pengertian
potensi diri !
Tuliskan mengenai
kelebihan dan kelemahan diri kalian masing-masing !
Berilah contoh
perwujudan potensi diri
Buatlah rancangan
kegiatan lomba karya tulis yang dilaksanakan di sekolahmu, dan laporkan
hasilnya kepada gurumu
|
4 X 40
|
·
Buku Teks PKn
Kelas IX
·
Media cetak dan
elektronik, tokoh masyarakat
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
|
|
|
|
|
|
|||
4.3 Menampilkan peran serta dalam berbagai
aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan
bangsa
|
Sikap positif yang
diperlukan dalam prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa
Sikap negatif yang
harus dihilangkan dalam berprestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan
bangsa
Bentuk peran serta prestasi diri dalam berbagai aktivitas demi keunggulan
bangsa
|
Memberikan tanggapan
terhadap berbagai prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa
Mengumpulkan data
aktivitas diri yang menunjukkan prestasi diri sesuai kemampuan demi ke
unggulan bangsa
|
· Menentukan sikap
positif yang diperlukan dalam prestasi diri
· Menentukan sikap
negatif yang harus dihilangkan dalam berprestasi diri
·
Menampilkan
peran serta dalam berbagai aktivitas untuk berprestasi demi keunggulan
bangsa
|
Penilaian diri
Penilaian Diri
Portofolio
|
Lembar penilaian diri
Quisener
Lembar penilaian
portofolio
|
Rubrik penilaian diri
(terlampir)
Skala sikap terlampir
Tuliskan prestasi diri
yang kalian peroleh selama belajar di SMP !
( Jika perlu lampirkan
buktinya )
|
6X 40
|
·
Buku Teks PKn
Kelas IX
·
Media cetak dan
elektronik, tokoh masyarakat
·
Gambar tokoh –
tokoh yang berprestasi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
|
|
|
|
|
·
|
.........., .........................
Mengetahui, Guru
mata pelajaran
Kepala
...................
............................................ ..................................................
NIP/NIK
NIP/NIK
Contoh lampiran intrumen penilaian
Kompentensi dasar
1.3 Menerapkan norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
PENILAIAN SIKAP
Berilah penilaian dari
pernyataan di bawah ini sesuai rubrik berikut :
No
|
Sikap
|
Nilai pernyataan
positif( benar )
|
Nilai Pernyataan
Negarif ( Salah )
|
1.
|
Sangat setuju
|
5
|
1
|
2
|
Setuju
|
4
|
2
|
3
|
Netral
|
3
|
3
|
4
|
Tidak setuju
|
2
|
4
|
5
|
Sangat tidak setuju
|
1
|
5
|
No
|
Pernyataan Sikap
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Setiap orang di manapun harus
memenuhi norma yang berlaku
|
|
85-100 Baik
sekali
75-84 Baik
65-74 Cukup
|
2
|
Adat istiadat di suatu daerah akan
menghambat pembangunan
|
|
|
3
|
Norma Agama merupakan norma yang
paling penting dalam kehidupan
|
|
|
4
|
Setiap warga negara bersamaan kedudukannya
dalam hukum dan pemerintahan
|
|
|
5
|
Norma kesopanan sangat bertentangan
dengan era globalisasi
|
|
|
6
|
Manusia memerlukan norma jika
sebagai makhluk sosial
|
|
|
7
|
Jika kita memenuhi norma-norma yang
ada akan mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat
|
|
|
8
|
Aturan hukum harus disesuaikan
dengan situasi dan kondisi
|
|
|
9
|
Jika melihat korman tabrak lari,
sebaiknya kita menghindidar agar tidak diminta menjadi saksi
|
|
|
10
|
Pelanggaran norma bisa dilakukan
jika dalam keadaan terpaksa
|
|
|
|
Jumlah nilai
|
|
|
Jumlah Skor Nilai maksimal
|
50
|
||
Nilai =
Jumlah nilai : 50 X 100 =
|
|
|
PENILAIAN PERILAKU
Berilah penilaian dari
pernyataan di bawah ini sesuai rubrik berikut :
No
|
Perilaku
|
Nilai pernyataan
positif ( Benar )
|
Nilai pernyataan
negarif ( Salah )
|
1.
|
Selalu
|
5
|
1
|
2
|
Sering
|
4
|
2
|
3
|
Kadang-kadang
|
3
|
3
|
4
|
Jarang
|
2
|
4
|
5
|
Tidak pernah
|
1
|
5
|
No
|
Pernyataan Perilaku
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Mematuhi
peraturan yang berlaku
|
|
85-100
Baik
sekali
75-84 Baik
65-74
Cukup
|
2
|
Belajar
dengan rajin
|
|
|
3
|
Mengikuti
upacarra dengan khidmat
|
|
|
4
|
Datang
dan pulang sekolah tepat waktu
|
|
|
5
|
Tertib
dalam proses pembelajaran
|
|
|
6
|
Menghormati
hak-hak orang lain
|
|
|
7
|
Membuang
sampah pada tempatnya
|
|
|
8
|
Menghormati
Guru
|
|
|
9
|
Beribadah
tepat waktu
|
|
|
10
|
Mengerjakan
tugas piket
|
|
|
|
Jumlah nilai
|
|
|
Jumlah Skor Nilai maksimal
|
50
|
||
Nilai =
Jumlah nilai : 50 X 100 =
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar